Monday, November 9, 2015

Tips Menjual Rumah Tidak Terurus



Menjual rumah terkadang susah-susah gampang. Banyak pelaku properti yang mengatakan bahwa menjual properti seperti rumah ibarat jodoh-jodohan. Ya, karena bisa saja ada orang yang mau membelinya namun harganya kurang cocok.  Atau sebaliknya, mereka punya uang namun tidak cocok dengan keadaan rumahnya. Untuk itu perlu kiat-kiat tertentu  agar rumah cepat laku terjual. 

Setidaknya dengan melakukan berbagai hal di bawah ini, diharapkan rumah yang kita jual dapat cepat mendapatkan pembeli. Keadaan rumah yang akan dijual bisa bermacam-macam. Ada yang terurus dan ada pula yang tidak terurus.

Perhatikanlah kondisi rumah sebelum Anda menjualnya. Karena kesan pertama sangatlah menentukan, penampilan properti Anda harus sangat diperhatikan. Jika properti yang Anda pasarkan memiliki penampilan yang lebih terawat, rapi, dan segar, baik di bagian luar dan dalamnya, maka kesan pertama bagi para calon pembeli akan lebih baik. Tidak jarang kita melihat tulisan "Rumah Dijual" namun melihat keadaanya membuat kita tidak selera. Rumput-rumput disekitarnya tumbuh tinggi, halaman kotor, pemandangannya kusam. Dengan kondisi rumah seperti itu, tidak jarang pembeli sudah tidak betah melihat kondisinya. Maka dari itu, Anda harus membersihkannya agar rumah tampak nyaman bila ditinggali. 

Bersihkan rumah setidaknya seminggu sekali. Apabila perlu lakukan pengecatan. Sehingga rumah terlihat lebih segar. Atau jika ada modal lakukan sedikit renovasi, minimal di bagian muka. Sebagai Agent Property coba anda rundingkan dengan Pemilik Property.

Saya pernah melihat rumah yang "dijual" namun tidak laku juga meskipun sudah bertahun-tahun. Rupanya kesan "angker" karena rumah tidak terurus adalah penyebabnya. Setelah rumah tersebut direnovasi bagian depannya dengan memberi pagar dan tembok keramik, barulah orang-orang yang tadinya tidak minat mengatakan bahwa rumah tersebut sebenarnya bagus. 


No comments:

Post a Comment