Monday, November 16, 2015

Menjadi Agent Property Yang Sukses



Salah satu cara untuk berkecimpung dalam dunia property adalah dengan menjadi agent property atau dikenal dengan istilah Broker Property. Sebagai perantara antara penjual dan pembeli, seorang Agent property wajib memiliki keterampilan mengenai :

  1. Teknik negosiasi
  2. Kekuatan jaringan (networking)
  3. Keahlian pembalikan transaksi.
  4. Hubungan relasi antar individu


Agen jual beli rumah / properti atau sering kita sebut broker, merupakan peluang bisnis yang amat menekankan pada aspek kepercayaan. Menjadi agen properti memang merupakan peluang usaha yang sangat menggiurkan. Dengan berlandaskan aspek kepercayaan, mereka yang bertugas menghubungkan antara pembeli dan penjual rumah atau bangunan lainnya.

Bisnis Agent Property adalah bisnis jasa di bidang property dalam hal jual beli, sewa menyewa, dan lelang property yang dimiliki dan dikuasai oleh pemilik (vendor) kepada marketing (Agent) dengan kesepakatan harga jual dan sewa, besarnya (fee) komisi yang di berikan, dan waktu yang ditentukan bersama.

Untuk memulai bisnis menjadi broker properti yang sukses, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Persiapan-persiapan itu diantaranya;

1.      Siapkan alat komunikasi (handphone) untuk menghubungi penjual dan pembeli.
2.      Siapkan kamera digital untuk mengambil gambar rumah yang akan dijual. Tidak perlu yang terlalu mahal, asalkan bisa menghasilkan gambar yang baik.
3.      Perluaslah jaringan relasi.
4.      Siapkanlah database calon pembeli potensial.

Selain itu, agar bisnis Anda berjalan dengan lancar, Anda pun harus memiliki strategi khusus. Pada umumnya strategi seorang broker properti tersebut sebagai berikut :

1.      Jaringan relasi sebanyak-banyaknya.
2.      Jaga kepercayaan relasi Anda.
3.      Jalinlah relasi dengan kalangan perbankan dan notaris.
4.      Anda harus memiliki product knowledge.
5.      Tingkatkan kemampuan Anda dalam bernegosiasi dan meyakinkan pembeli.
6.      Perluas pengetahuan Anda tentang interior, eksterior, pertanahan, atau feng shui. Suatu ketika, penjual atau pembeli akan meminta saran dan pendapat Anda.

Dengan sistem dan cara kerja yang di pelajari oleh seorang broker serta kesuksesan dari pengalaman kerja di lapangan memungkinkan seorang broker mempunyai relasi yang cukup banyak dan taktik strategi pemasaran yang cukup jitu dalam penjualan barang dagangannya dan tetu saja saling berbeda satu sama lain.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah layani konsumen dengan sepenuh hati, layani konsumen yang memercayakan propertinya ke Anda dengan sungguh-sungguh. Yang lazim, selaku agen properti, Anda menangani hal-hal ini: mempromosikan properti yang dijual/disewakan, melayani calon pembeli/penyewa properti, menegosiasikan harga jual/sewa dengan peminat sebaik mungkin, menangani aspek legal terkait penjualan/penyewaan properti, menjadi saksi transaksi, dan lain-lain.

Dari situ, Anda akan selalu memeroleh pengetahuan baru. Misal, Anda akan tahu bahwa lewat kata-kata yang sarat emosi dalam alat penawaran/promosi, peminat properti bisa lebih terpancing. Itu misalnya kalimat sebagai berikut: “Pemandangan yang Indah”, “Jalan yang Lapang”, dan lain-lain.

Berikut adalah tips-tips jitu untuk Anda yang ingin menjadi seorang agen properti yang handal.

1.  Ketekunan dan keuletan akan menjadi modal utama seseorang untuk berbisnis

Ketekunan dan keuletan akan menjadi modal utama seseorang untuk berbisnis
Ketekunan dan keuletan seseorang dalam menjalankan tugasnya pasti akan membawakan hasil meski hasil akhirnya akan berbeda-beda setiap orang. Menjadi agen properti harus memiliki rasa ketekunan, keuletan, dan juga kesabaran untuk memulai bisnis ini.

2. Berani berspekulasi

Berani berspekulasi. Langkah ini juga akan mempengaruhi sukses atau tidaknya usaha Anda. Untuk menjalankan bisnis menjadi agen properti, Anda harus berani mobile, tidak hanya di kota-kota yang besar. Justru Anda harus berani keluar dari zona aman, yaitu dengan menyelami daerah-daerah kecil. Karena disitulah peluang Anda untuk berlatih dan memperkaya pengalaman.

3. Membangun relasi adalah hal yang sangat vital

Membangun relasi adalah hal yang sangat vital. Membangun relasi dengan orang-orang yang bergerak di bidang properti adalah keharusan. Posisikan diri Anda sebagai seorang yang terus belajar sambil berjalan. Gali informasi sebanyak mungkin seputar bisnis properti maupun agen properti lain dan buatlah kerja sama dengan mereka. Anggap saja mereka adalah senior Anda. Dengan demikian, semangat Anda akan terus ada hingga tahap-tahap selanjutnya.

4. Harus memiliki sifat yang tangguh, ikhlas, dan juga pantang menyerah

Harus memiliki sifat yang tangguh, ikhlas, dan juga pantang menyerah. Dalam membidik sasaran, Anda tidak mungkin selalu melakukannya dengan tepat sasaran. Anda tentu akan melewati sedikit rintangan sehingga Anda sebaiknya memiliki banyak informasi dan menguasai beberapa teknik marketing, bagaimana caranya menarik perhatian pelanggan, menguasai ilmu seputar perpajakan dan perihal hubungan dengan notaris. Ilmu tata bahasa sangat penting di poin ini.

5. Setiap usaha pasti membutuhkan modal

Setiap usaha pasti membutuhkan modal. Itu sudah hukum alam. Bahkan untuk menjadi seorang agen properti juga harus memiliki modal. Seorang agen properti harus kreatif dalam membuat banner , spanduk, dan kartu nama untuk menginformasikan seputar penyewaan dan penjualan rumah. Seorang agent property yang baik akan dapat membuat spanduk yang sedemikian baik dan efektif.

6. Manfaatkan social media yang telah disediakan dengan gratis di internet

Manfaatkan media social yang telah disediakan dengan gratis di internet. Buatlah iklan dan  banyaklah “bergaul” di forum jual beli. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih dikenal oleh orang lain. Anda bebas beriklan di Facebook, Twitter, Google+, Instagram, Path dan berbagai sosial media lainnya. Namun, akan lebih baik jika Anda memasukkan iklan Anda melalui Google Adwords. Meskipun berbayar, dengan cara ini akan mendapatkan hasil yang maksimal dan memperkecil resiko Anda untuk kecewa. Koran atau majalah juga merupakan media yang baik untuk melakukan proses periklanan.

7. Aktiflah di jejaring sosial yang Anda miliki

 Aktiflah di jejaring sosial yang Anda miliki. Buatlah akun sesuai dengan nama asli Anda dan juga foto terbaru Anda. Daftarkan diri Anda pada grup-grup properti dan sering-seringlah berkomunikasi dengan para pemilik akun pada forum tersebut. Semakin Anda aktif, maka peluang Anda untuk menjual properti akan semakin bagus juga.

8. Jika Anda adalah seorang blogger, maka manfaatkan lah


Jika Anda adalah seorang blogger, maka manfaatkan lah. Seringlah posting beberapa hal seputar bisnis Anda. Jika suatu saat blog Anda mendapatkan good rating, maka ini akan lebih memudahkan Anda untuk berbisnis, karena akan banyak orang yang berkunjung ke blog Anda dan menghubungi Anda berkaitan seputar informasi rumah yang dijual dan disewakan melalui Anda.

9. Menarik perhatian dari orang-orang


Menarik perhatian dari orang-oran. Untuk menarik perhatian banyak orang, Anda bisa menggunakan berbagai cara. Salah satunya dengan membuat brosur dan meminta agar disebarkan oleh loper koran. Biaya yang diperlukan untuk menjalankan kegiatan ini cenderung murah sehingga Anda bisa menyimpan uang Anda untuk menarik perhatian banyak orang dengan cara lain

10. Minimalisir kemungkinan terjadinya salah paham antara penjual dan pembeli


Minimalisir kemungkinan terjadinya salah paham antara penjual dan pembeli. Poin ini sangat penting untuk dilakukan. Untuk menghindarinya, perlu adanya komunikasi yang jelas dan mendetail di awal tentang biaya diluar harga jual atau sewa properti. Contohnya adalah biaya notaris, biaya iklan, komisi, pajak dll. Ada baiknya juga untuk menggabungkan biaya tak terduga tersebut kedalam total jumlah jual atau sewa properti.


Jika kesepuluh tips ini Anda jalankan dengan baik, kesempatan Anda untuk menjadi agen properti yang handal semakin nyata. Semoga kesepuluh tips dari Sribu ini bermanfaat untuk para Urbanites yang  berniat menjadi agen properti yang handal dan juga bisa mendapatkan lebih banyak lagi keuntungan dari pekerjaan di bidang properti. Selamat mencoba!


Semoga artikel Menjadi Agent Property yang Sukses ini dapat meningkatkan kemampuan Anda sebagai Agent Property


No comments:

Post a Comment