Fokus dan Posisikan diri Anda
sebagai pakar dari satu area. Salah satu rahasia sukses agen properti adalah penguasaan
informasi terhadap area pasar yang dilayaninya. Bukan Cuma mengenal tapi
memahami secara mendalam. Pengetahuannya tentang area tersebut merupakan alat
yang ampuh untuk meyakinkan penjual dan pembeli. Dalam persaingan ketat saat
ini agen properti akan tampil beda dengan keunggulan pengetahuan tentang area
servisnya.
1. Agen properti perlu mengetahui
sejarah dari sebuah kawasan.
Waktu mulai pembangunan kawasan. Jalan masuk dari
mana. Blok atau klaster yang ditawarkan pertama. Penyelesaian setiap bagian
dari proyek waktu ke waktu. Pembangunan fasilitas dan perkembangannya.
Peningkatan harga dari pengembang dan pasar sekunder.
2. Mengenal perbedaan dari setiap
bagian dalam kawasan.
Perbedaan klaster dalam kawasan. Model bangunan
rumah, desain dan ukuran. Bahan bangunan, model taman, fasilitas umum, lebar
jalan, dan lainnya. Rumah yang dibangun pengembang atau tanah dibeli dan dibangun
oleh pemborong.
3. Memahami tahapan pengembangan
proyek.
Setiap pengembangan proyek dalam kawasan akan
mempengaruhi klaster yang sudah selesai. Keuntungan dan kerugian dari pembeli
dalam setiap tahap perkembangan. Sebagai Contoh : Apabila dengan pembangunan
pusat perbelanjaan akan mempengaruhi arus lalu lintas menuju dan dari daerah
tersebut. Kebisingan, kemacetan akan mempengaruhi kenyamanan tinggal di daerah
itu. Pengaruhnya terhadap harga rumah.
4. Pengetahuan tentang kondisi tanah
dan bangunan.
Keadaan tanah di Jakarta Selatan sangat berbeda
dengan Jakarta Timur. Bangunan yang didirikan membutuhkan pondasi yang berbeda.
Kondisi bangunan yang telah jadi bisa ada retak, seberapa batas wajarnya.
Adanya rayap didaerah tertentu, bagaimana mengatasinya.
5. Perkembangan nilai investasi.
Rumah saat ini bukan hanya sebagai tempat tinggal.
Dengan berjalannya waktu, nilai rumah akan meningkat. Lokasi telah berkembang
menyebabkan nilai jual terus naik. Jadi rumah adalah investasi yang
menguntungkan. Agen properti harus punya data perkembangan harga rumah didaerah
yang dilayaninya. Perbedaan harga setahun terakhir. Jumlah rumah yang dijual
dalam pasar. Transaksi jual-beli dalam 12 bulan. Nilai sewa rumah dengan ukuran
tertentu.
6. Pembangunan disekitar daerah itu.
Pembanguan proyek lain disekitar daerah itu, ikut
mempengaruhi. Pembangunan gedung perkantoran, pusat bisnis dan perdagangan dan
perumahan lain. Realisasi pembangunan jalan tol atau jalan lingkar. Berapa
besar dampaknya terhadap daerah target pasar. Pengaruh positif atau pengaruh
negatif. Yang positif karena fasilitas yang bertambah. Negatifnya mungkin
kemacetan dan banjir.
7. Komunitas yang menghuni.
Pembeli biasanya
memperhitungkan komunitas yang sudah menghuni suatu kawasan sebelum mengambil
keputusan membeli. Tetangga yang punya kemampuan ekonomi yang hampir sama.
Kesamaan etnis dan gaya hidup. Komunitas yang sejenis dan setara memberikan
rasa nyaman dan aman.
8. Informasi tentang fasilitas.
Masyarakat modern saat ini menginginkan fasilitas
yang lengkap sebagai penunjang aktivitas. Sekolah dan pasar. Tempat olah raga,
club house dan pusat perbelanjaan. Ketahuilah tentang fasilitas-fasilitas apa
yang dimiliki suatu daerah tersebut.
Paling tidak dengan menguasai strategi dan informasi penting diatas, agen
properti akan dianggap pakar properti untuk area tersebut.
No comments:
Post a Comment