Monday, June 6, 2016

Tips Membeli Rumah di Kompleks Perumahan.



Memiliki rumah di kompleks perumahan mempunyai beberapa keuntungan seperti lingkungan yang tertata rapi, dapat diakses kendaraan roda empat, dapat dibeli dengan kredit, dan lain sebagainya. Ada beberapa hal yang sebaiknya anda pertimbangkan dalam membeli rumah di sebuah kompleks perumahan, antara lain sebagai berikut.

Tips memilih perumahan di Kompleks Perumahan.

1.      Pilih Lokasi Strategis

Pilihlah kompleks perumahan dengan lokasi yang memiliki nilai strategis bagi anda sekeluarga. Misalnya dekat tempat kerja, dekat dengan sekolah anak, dekat dengan sarana dan fasilitas umum seperti pasar, supermarket, rumah sakit, dan lain sebagainya.

2.      Perhatikan Akses

Pastikan perumahan yang anda minati memiliki akses yang mudah ke jalan raya. Semakin dekat dengan jalan raya akan semakin baik. Tetapi perlu dipertimbangkan juga kemudahan mengakses jalan tersebut. Jalan tanah, jalan rusak, atau jalan macet akan mempersulit dan memperpanjang waktu tempuh saat melewatinya.

3.      Perhitungkan Prospek Investasi

Memilih perumahan di pinggir kota belum tentu tidak menguntungkan. Banyak orang yang dapat menilai dengan baik prospek perkembangan suatu wilayah. Saat wilayah tersebut telah berkembang menjadi lokasi yang strategis dan ramai maka nilai jual rumah di lokasi tersebut akan segera naik dengan cepat.

4.      Pastikan Bebas Banjir

Pastikan perumahan yang anda pilih bebas banjir. Area yang pernah terkena banjir menunjukkan bahwa area tersebut berada pada wilayah yang rendah. Saat curah hujan melebihi batas normal atau saat musim hujan berkepanjangan area tersebut sangat mungkin akan tergenang banjir. Area yang pernah mengalami banjir biasanya akan mengalaminya lagi di lain waktu. Wilayah yang dilewati sungai menunjukkan bahwa daerah tersebut berada pada posisi yang rendah.

5.      Pastikan Jalan Perumahan Cukup Lebar
Pastikan perumahan yang anda minati memiliki jalan yang dapat dilewati mobil dari dua arah berlawanan. Jalan yang terlalu sempit dapat menyebabkan sebuah mobil tidak bisa lewat saat ada mobil lain yang berhenti atau parkir di pinggir jalan.

6.      Sesuaikan dengan Kemampuan Anggaran

Pilihlah rumah dengan harga yang sesuai dengan kemampuan keuangan anda. Meskipun banyak perumahan mewah dengan berbagai kelebihan, belum tentu sesuai dengan daya beli anda. Pilihlah perumahan yang sesuai dengan daya beli anda, anda tetap akan punya kesempatan untuk memiliki rumah yang lebih baik pada saat kemampuan ekonomi anda sudah jauh lebih baik.

7.      Pertimbangkan Kebutuhan Luas Tanah dan Bangunan
Sebagian orang tidak keberatan dengan luas tanah yang pas-pasan tetapi sebagian lainnya suka memiliki rumah yang memiliki halaman depan atau halaman belakang yang luas. Pertimbangkan juga kebutuhan luas tanah untuk pengembangan bangunan. Sebagian orang tidak keberatan untuk tinggal di perumahan yang kurang elit asalkan ia memiliki lahan yang cukup luas.

8.      Miliki Preferensi

Sebagian orang sangat ingin memiliki rumah yang sesuai dengan kesukaannya. Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk memilih rumah yang anda sukai, agar tidak cepat bosan yang menyebabkan anda akan segera merenovasi total bangunan rumah. Pertimbangkan kesukaan anda mengenai desain rumah, kontur tanah, ketinggian plafon, arah bangunan menghadap, dan lain sebagainya.

9.      Perhatikan Spesifikasi Bangunan

Anda sebaiknya mengetahui persis spesifikasi bangunan rumah pada kompleks perumahan yang anda minati. Spesifikasi bangunan yang terdapat pada brosur seringkali tidak lengkap sehingga anda sebaiknya menanyakan secara detil pada pihak pengembang. Penggunaan bahan bangunan yang kurang berkualitas dapat menyebabkan kerusakan bangunan yang menyebabkan anda harus merenovasi bangunan secara besar-besaran dalam waktu dekat.

10.  Buat Prioritas

Buatlah daftar prioritas dalam membuat pilihan. Sebelum membeli rumah di kompleks perumahan, sebaiknya anda mencari informasi ke beberapa lokasi perumahan untuk mendapatkan perbandingan. Hal ini membantu anda mendapatkan perbandingan harga, spesifikasi bangunan, kemudahan akses, bentuk fisik, dan lain sebagainya.

11.  Perhatikan Ketersediaan Fasilitas Pendukung

Pengembang yang baik akan memperhatikan fasilitas pendukung perumahan seperti tempat ibadah, gerbang/portal, pos keamanan, taman, pemakaman, dan lain sebagainya. Paling tidak pengembang harus menyediakan lahan fasilitas umum dan fasilitas sosial (fasum/fasos) yang dapat dimanfaatkan untuk lapangan olahraga, balai warga, tempat ibadah, dsb.

12.  Lakukan Survey Lapangan


Survey lapangan sangat perlu untuk melihat kondisi sebenarnya dari perumahan yang anda minati. Apa yang terlihat di brosur dan apa yang dijelaskan oleh tim pemasaran belum tentu sesuai dengan kondisi sebenarnya di lapangan. Anda sebaiknya menanyakan pada penghuni perumahan tersebut untuk mengetahui keadaan air tanah, jaringan listrik, jaringan telepon, keamanan, sejarah banjir, dan lain sebagainya. Jika kompleks tersebut belum ada penghuninya anda bisa bertanya dengan warga terdekat.

No comments:

Post a Comment