Wednesday, May 18, 2016

Saran Dalam RENOVASI Rumah

Sandang, pangan dan papan merupakan tiga kebutuhan pokok manusia. Kebutuhan dasar ini merupakan salah satu pengetahuan yang kita pelajari sejak mengenyam pendidikan di bangku sekolah dasar, dan tidak dapat diabaikan begitu saja.


Dibandingkan kebutuhan lainnya, rumah sebagai hunian yang layak merupakan salah satu kebutuhan utama yang paling banyak membutuhkan biaya. Pasalnya rumah menjadi tempat tujuan untuk pulang dan berkumpul bersama anggota keluarga.

Kebanyakan dari kita membeli rumah yang sudah jadi dari pihak pengembang atau dari pemilik sebelumnya, yang ada dua konsekuensi. Pertama, kondisi rumah yang tidak 100 persen prima (biasanya ada kebocoran-kebocoran yang baru diketahui saat rumah sudah dihuni). Kedua layout ruangan rumah yang tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Biasanya kita sudah memiliki impian yang terperinci, khususnya tentang tempat tinggal. Kita mengidamkan rumah menjadi home sweet home, seperti memiliki kamar utama yang lebih besar, ruang kerja sendiri, ruang bermain anak, dapur yang luas, atau bertambahnya anggota keluarga sehingga harus menyiapkan satu kamar lagi.

Kedua hal tersebut menjadi alasan bagi banyak orang utntuk melakukan renovasi rumah, terlebih lagi untuk menyambut bulan Ramadhan. Ini merupakan momentum yang tepat untuk merenovasi rumah. Selain untuk memperbaiki kerusakannya, pada bulan seperti ini, sering kali keluarga besar datang dan berkumpul. Oleh karena itu, jangan tunda lagi!. jadikan rumah seperti yang anda idamkan dan tempat yang begitu nyaman untuk berkumpul.

Berikutnini ada berapa saran sebelum anda merenovasi rumah.

1. Mendata kerusakan yang ada sekarang

Sebelum mulai merenovasi, ada baiknya Anda melakukan inspeksi seluruh bagian rumah. Mulai dari menandai titik-titik kebocoran hingga melihat apa yang dibutuhkan untuk perbaikan ruangan dapur, kamar mandi, dan lain-lainnya.

2. Berkonsultasi dengan Tenaga Ahli

Datangkan arsitek atau interior designer, untuk membbicarakan rencana yang Anda Inginkan dalam mengatur ulang ruangan dalam rumah.

3. Tentukan Anggaran

Tanpa menghitung anggaran dengan rinci, Anda bisa berakhir dengan pengeluaran yang tidak diinginkan. Dengan membuat anggaran, Andapun bisa memberikan prioritas dalam merenovasi rumah.

Kini anda tidak perlu khawatir dan menunggu lama untuk memberikan yang terbaik untuk keluarga.

Sumber : Harian Kompas Sabtu, 14 Mei 2016

No comments:

Post a Comment